Ads 468x60px

Kamis, 24 Januari 2013

Cara mengubah favicon pada blogspot

Di sini saya akan belajar n sekalian langsung praktek pada blog saya sendiri bagaimana cara mengganti favicon. Apakah favicon itu? favicon adalah icon kecil yang muncul pada jendela browser kita, tepatnya di pojok kiri tab link address kita. Kalau kita biasa menggunakan fasilitas blogspot, maka di situ akan muncul simbol huruf B berwarna orange yang menandakan kita berasal dari blogspot. Simbol ini yang disebut favicon.

(di samping ini adalah contoh favicon dari Blogspot)

Berikut adalah beberapa contoh tampilan favicon dari beberpa website di dunia :

Spoiler:










Berikut cara mudah untuk membuat favicon yang cantik :

Pertama pilih gambar yang paling cocok yeng menggambarkan web kita. Bisa cari di google atau upload dari PC. Lalu upload file tersebut ke website FavIcon from Pics dengan menekan Browse. Contreng pilihan "Animate Favicon" jika anda menginginkan favicon animasi. Lalu klik "Generate Favicon.ico".

 
Setelah di generate, maka gambar yang kita inginkan akan dikonversi kedalam file .ico yang siap diunduh di halaman berikutnya. Contoh :


Setelah jadi, icon siap di download dengan menekan 'Download Favicon Package' kemudian save ke dalam hardisk komputer. Extract paket dan ambil file berextension .ico . File inilah yang nantinya akan muncul sebagai favicon.

Upload file tadi ke dalam file hosting gratis seperti photobucket. Tujuannya untuk memberi alamat pada file favicon. Bila belum punya akun, bisa langsung register lewat sini atau kalau kita sudah punya akun Facebook, bisa langsung login pake itu ga usah daftar lagi.


Jika sudah login, browse file .ico tadi. Kemudian ikuti langkahnya sampai kita dapetin scriptnya. Sebagai contoh punya saya.


http://i1084.photobucket.com/albums/j410/fajarmister/jalinsuksesfavicon.gif


Kemudian script ini yang akan kita tempelkan pada blog kita. Script tadi kita masukan ke dalam tag seperti di bawah ini :


<link rel="shortcut icon" href="http://i1084.photobucket.com/albums/j410/fajarmister/jalinsuksesfavicon.gif"/>


Kemudian copy script ini dan kita masukkan ke dalam script HTML blog kita tepatnya di atas tag </head>. Kemudian kita save dan hasilnya bisa kita lihat seperti di tampilan blog saya ini.

Semoga bermanfaat. Jika ada yang perlu didiskusikan isikan komen di bawah ini..



Jika ingin melihat galeri foto madiun tempo dulu bisa klik di sini




0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Baca juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...