Ads 468x60px

Senin, 05 Desember 2011

Berita Foto : Sisa Bencana Kebocoran Nuklir Chernobyl

Chernobyl adalah sebuah nama kota yang didalamnya terdapat pembangkit listrik tenaga nuklir yang dinamai sama dengan nama kotanya di Chernobyl Raion. Terletak di Oblast Kiev, Ukraina, dekat perbatasan Belarusia.

Kecelakaan Chernobyl terjadi karena beberapa pekerja mencoba melakukan eksperimen secara tidak resmi dan berkekuatan rendah, yang mencakup tindakan mematikan sistem pendingin darurat. Pada saat setiap orang menyadari bahwa inti terlalu panas, semua sudah terlambat untuk memutar balikkan proses ini (mereka kurang hati-hati dengan membiarkan panas membengkokan saluran di mana serpihan-serpihan bahan bakar seharusnya masuk kesana) hal berikutnya yang mereka tahu adalah atap telah terbang, dua orang tewas dan awan gas yang mematikan telah menyebar di seluruh daerah.

Kota ini hanya berisi pabrik. Para pekerjanya dibuatkan tempat tinggal tersendiri di dekatnya, yaitu di Prypiat.


 

Tanggal 26 April 1986 pukul 01:23:40 pagi (UTC+3), reaktor nomor empat di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang terletak di Uni Soviet di dekat Pripyat di Ukraina meledak.




Merupakan satu dari dua kecelakaan yang digolongkan dalam level 7 pada Skala Kejadian Nuklir Internasional (terburuk).
 
Lima juta orang di sekitar reaktor terkena radiasi dan menderita sejumlah penyakit, termasuk kanker.



Sebanyak 350.000 likuidator yang terlibat dalam proses pembersihan daerah PLTN yang kena bencana, serta 5 juta orang yang saat itu tinggal di Belarusia, Ukraina, dan Rusia, yang terkena kontaminasi zat radioaktif dan 100.000 di antaranya tinggal di daerah yang dikategorikan sebagai daerah strict control, ternyata mendapat radiasi seluruh badan sebanding dengan tingkat radiasi alam, serta tidak ditemukan dampak terhadap kesuburan atau bentuk-bentuk anomali.


500.000 pekerja dilibatkan untuk menanggulangi kecelakaan ini, dan menghabiskan dana sebesar 18 miliar rube. Sekitar tujuh juta jiwa masih hidup di wilayah berbahaya karena tingkat radiasinya di atas batas aman.  Reaktor terakhir ditutup pada 2000 lalu, 14 tahun setelah tragedi. Setelah 25 tahun penutupan kondisi kota ini seperti kota mati.
 
Bekas tempat rekreasi pinggir danau.

Bekas bangunan rumah sakit 

Bekas bangunan  gedung

Kendaraan yang tidak terselamatkan

 
Dokumen  penting  dan lukisan yang tidak terselamatkan


 
 Kondisi fasilitas umum chernobyl..... sekarang


 
Kondisi rumah Prypiat yang tidak teruru... 25 tahun kemudian


 
 

Kondisi tempat hiburan chernobyl.. sisa kejayaan masa lampau


Untuk melihat foto-foto korban radiasi nuklir chernobyl klik di sini



0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Baca juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...